header-int

Tim Asesor BAN PT Visitasi Dua Program Studi USN Kolaka

Rabu, 15 Feb 2017, 00:22:11 WITA - 811 View
Share
Tim Asesor BAN PT Visitasi Dua Program Studi USN Kolaka

Tim Asesor BAN PT Visitasi Dua Program Studi USN Kolaka

KOLAKA – Program studi teknik pertambangan, Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) dan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilan belas November Kolaka mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi atau assessment lapangan dua program studi tersebut.

Visitasi yang dilakukan mulai 9 hingga 12 Februari tersebut menghadirkan empat tim asesor yakni Prof. Dr. Subagyo Pramumijoyo, DEA., Dip., HRD dan Dr. Ir. Barlian Dwinagara untuk program studi teknik tambang dan Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si dan Dr Purhadi, M.Sc untuk program studi matematika. Kedatangan tim tersebut, disambut Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Ruslin Hadanu, Dekan FKIP USN, Zakaria, S.S, M.A, Dekan Sainstek Fachryano, ST., MT dan para wakil dekan, ketua prodi, dan para dosen Pendidikan Matematika dan Sainstek USN Kolaka.

Menurut Ruslin Hadanu melalui Kasubang Kerjasama dan Humas, Takwa, kegiatan visitasi ini menjadi ajang evaluasi kelembagaan untuk meningkatkan standar mutu manajemen, tata pamong, kepemimpinan, proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Tim asesor akan mendengarkan persentase masing-masing program studi dan akan mengklarifikasi isi borang yang mereka terima dengan melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran,” kata Takwa.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKIP Zakaria menjelaskan pihaknya telah melakukan persiapan dalam rangka penilaian pada prodi yang ada di FKIP.

“Dalam asesmen lapangan ini, Tim Asesor BAN-PT selain melakukan komunikasi, tanya jawab dan pemeriksaan bukti fisik kegiatan akademik di fakultas, prodi, juga akan melakukan peninjauan pada sarana kampus yang ada di fakultas, seperti ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium komputer dan bahasa serta prasana penunjang lainnya,” kata Zakaria.

Zakaria menambahkan bahwa berkenaan dengan asesmen lapangan pada Prodi Pendidikan Matematika, setidaknya ada hasil yang dapat dibanggakan meskipun tidak menutup diri dari keterbatasan atau kekurangan yang ada. Kekurangan itu tentu akan menjadi catatan penting untuk segera dibenahi dan ditingkatkan dalam rangka bagaimana semua program studi yang ada di FKIP terakreditasi dengan hasil yang baik.

“Saat ini di FKIP sudah ada 6 prodi plus prodi baru. Selain Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Geografi. Prodi baru yaitu Pendidikan Biologi dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)” tandasnya. (Sumber: Kasubbag Kerjasama dan Humas USN Kolaka).

 

USN
©Copyright USN - 2017 Follow Universitas Sembilanbelas November : Facebook Twitter Linked Youtube