header-int

Rektor USN Kolaka Lepas 30 Alumni Pendampingan Pertanian

Kamis, 05 Okt 2017, 15:29:43 WITA - 44 View
Share
Rektor USN Kolaka Lepas 30 Alumni Pendampingan Pertanian

KOLAKA, Rektor Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN-Kolaka) Sulawesi Tenggara, Dr. Azhari, S.STP., M.Si melepas 30 orang sarjana strata satu (S1) Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (FPPP) USN Kolaka, Selasa (3/10/2017).

Ke-30  sarjana tersebut, merupakan alumni dari FPPP USN Kolaka yang telah lolos atau diterima dalam seleksi tenaga pendamping pada kegiatan penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia pertanian (PPSDMP) di wilayah Sultra. Selanjut mereka akan melaksanakan kegiatan pendampingan bersama dosen pembimbing di fakultas tersebut selama kurang lebih 2 (dua) bulan mulai Oktober-November 2017 ini.

Bertempat di Kampus Baru USN Kolaka, Desa Popalia Kecamatan Tanggetada tepatnya Gedung Fakultas Pertanian, Selasa (3/10) kemarin, Dr. Azhari secara resmi melepas ke-30 Alumni Sarjana Pertanian USN Kolaka itu untuk menunaikan tugas dan tanggungjawabnya itu.

Rektor USN Kolaka, Azhari pada kesempatan itu menyampaikan tiga hal penting kaitan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan itu. Menurut Azhari, pertama ia sangat berterima kasih atas upaya yang telah dilakukan oleh Fakultas Pertanian USN dalam upaya untuk mendorong alumni mendapat kepercataan dalam hal ini alumni bisa digunakan oleh pihak Kementerian Pertanian.

Kedua, melalui kegiatan tersebut juga sekaligus sebagai bentuk sosialisasi gratis tentang kelembagaan atau fakultas yang ada di USN. Kemudian yang ketiga, menjadi daya tarik ketika para alumni yang melakukan kegiatan di lapangan.

Lanjut Azhari bahwa peluang dan kesempatan ini hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hasilnya pun sebagai contoh, sertifikat pendampingan tentu akan sangat berguna untuk kredit poin anda dalam pendukung pengalaman atau prasyarat diperlukan.

Setidaknya di lapangan dapat berbuat yang terbaik dengan prestasi yang akan ditunjukkan, dan tentu masyarakat akan menilai apa yang kita kerjakan sebagai alumni USN Kolaka.

“Saya sangat berharap tunjukkanlah sikap yang baik, pendekatan yang baik karena itu akan memudahkan. Bagaimana menyesuaikan diri dan berbaur dengan masyarakat, dan pendekatan-pendekatan culture atau budaya perlu kita salami dan mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang ada di masyarakat. Asalkan jangan melanggar keyakinan kita, “pinta Azhari.

Ia juga menitip sebuah filosofi pada peserta bahwa apa yang bisa kita isi dalam hidup ini atau hidup kita.

“Ya, ibarat seperti botol air agua jika botol tersebut isinya air maka seperti itu juga nilainya, jika isinya emas maka nilainya pun tentu akan lebih tinggi lagi. Demikian halnya, jika diisi dengan air comberan, maka akan terbuang di comberan pula. Demikian dengan hidup kita, jika diisi dengan hal kebaikan tentu membawa kebaikan, dan begitu pula sebaliknya jika hal keburukan, “tukasnya.

Sementara Koordinator Pendampingan/Pengawalan Kegiatan APBN-P Pertanian USN Kolaka, Dr. Marlina Mustapa, S.P., M.P dalam laporan singkatnya menyampaikan bahwa berdasarkan seleksi jumlah pendaftar sebanyak 58 orang, dan 30 orang yang telah lulus seleksi dan diterima.

 “Ke-30 orang alumni pertanian nantinya akan disebar pada wilayah sasaran,  yakni Kabupaten Bombana, Kolaka, Kolaka Timur, dan Kolaka Utara. Mereka akan melaksanakan kegiatan ini, selama dua bulan,’’ katanya.

Adapun komoditas yang didampingi lanjutnya untuk komoditi kakao meliputi empat wilayah sasaran tersebut, sedangkan komoditi kedelai pada wilayah Kolaka, dan komoditi cabe pada wilayah Kolaka Timur.

‘’Sedangkan dosen pendamping, masing-masing untuk Kabupaten Kolaka Timur dan Kabupaten Kolaka,  Musadia Arfa, Kabupaten Bombana, Yolanda Syahrir, dan Kabupaten Kolaka Utara, Muh. Obi Kasmin dan Nursalam. Untuk USN Kolaka, wilayah Koordinasi adalah Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan sekaligus sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam kegiatan ini, “papar Dr. Marlina yang juga Wakil Dekan II Fakultas Pertanian USN Kolaka, seraya menimpali bahwa dalam kegiatan pendapingan ini sebanyak 40 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia yang dilibatkan, dan termasuk USN Kolaka didalamnya.

Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan penandatanganan  kontrak pendampingan antara 30 alumni dengan dekan FPPP USN Kolaka, Ir. Mustafa, S.P., M.P. Kemudian Rektor USN juga secara simbolis menyematkan jaket pada peserta.

Sumber :https://bumisultra.com/berita/read/328-rektor-usn-kolaka-lepas-30-alumni-pendampingan-pertanian#close

USN
©Copyright USN - 2017 Follow Universitas Sembilanbelas November : Facebook Twitter Linked Youtube