header-int

15 Tim Perwakilan Tiga Kabupaten Debat Kompetisi Bahasa Inggris di USN Kolaka

Selasa, 28 Feb 2017, 08:01:09 WITA - 461 View
Share
15 Tim Perwakilan Tiga Kabupaten Debat Kompetisi Bahasa Inggris di USN Kolaka

15 Tim Perwakilan Tiga Kabupaten Debat Kompetisi Bahasa Inggris di USN Kolaka

Kolaka (27/2/2017)

    Sedikitnya 15 Tim mewakili utusan sekolah menengah atas (SMA/Sederajat) dari tiga kubapaten yaitu Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka Timur (Koltim) mengikuti kegiatan Debat Kompetisi Bahasa Inggris yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

    Kegiatan English Student Asociation Senior High School Debate Competition 2017 dengan tema State Your Worlds, This House Hears You, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Ruslin Hadanu dihadiri Dekan FKIP USN Kolaka, Zakaria, S.S., M.A, Wakil Dekan I FKIP, Kadaruddin, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Nety Huzniati Andas, S.Pd., M.Hum, Kepala UPT Laboratorium Bahasa USN, Dr. Karimuddin., M.Pd, sejumlah dosen Prodi Bahasa Inggris, dan peserta didampingi para guru pembimbingnya, bertempat di Auditorium USN Kolaka, Senin (27/2) kemarin.

    Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Hadanu pada kesempatan itu sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa dari HMPS Prodi Bahasa Inggris FKIP USN Kolaka. Menurutnya, bahasa Inggris seyogyanya menjadi pengikat bagi prodi-prodi lainnya. “Kedepan kita akan coba rumuskan bahwa adik mahasiswa yang punya skill di bidang bahasa inggris, dapat membantu dalam pendampingan pengajaran bahasa Inggris pada program studi yang lain. Selain memiliki akta mengajar juga mereka bisa memperoleh semacam surat keterangan pendamping (SKP) dalam hal pengajaran bahasa Inggris, “ujarnya.

    Ia juga menambahkan bahwa upaya mahasiswa Prodi Bahasa Inggris yang telah berjuangan mengikuti kegiatan skala nasional dan internasional dalam iven Debat Kompetisi Bahasa Inggris Antar Mahasiswa Perguruan Tinggi, dimana capaian yang telah diraih meski baru menembus tingkat nasional, seperti di Jakarta dan Menado belum lama ini akan terus ditingkatkan sehingga bisa meraih prestasi lebih baik lagi. “Terhadap iven tingkat internasional di Meksiko tahun ini, tentu harus dipersiapkan sebaik mungkin dan menghadapi kegiatan tersebut, dari sekarang kepanitiaan dan latihannya diintensifkan secara matang. Walaupun kita punya talenta atau hoby, tapi jika tidak dilatih secara baik tentu tidak akan maksimal. Pihak kampus senantiasa menaruh perhatian terhadap kegiatan yang akan diikuti, “tandas Prof. Hadanu.

    Sementara Dekan FKIP USN Kolaka, Zakaria menegaskan bahwa kegiatan tersebut cukup positif dalam rangka membangun sumber daya manusia (SDM), terutama pemberdayaan potensi siswa-siswi yang ada di sekolah.  “Pemberdayaan skill meski masih dalam keterbatasan, namun upaya-upaya terus kita lakukan termasuk kegiatan yang diprakarsai oleh adik-adik mahasiswa ini. Kami sangat berharap bahwa dukungan pihak kampus senantiasa memperhatikan kegiatan keterampilan berbahasa khususnya Bahasa Inggris. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan lebih meningkat lagi terutama utusan atau pesertanya, “kata Zakaria.

    Ketua Panitia Pelaksana Debat Kompetisi Bahasa Inggris, Dony Markus melaporkan bahwa jumlah peserta yang ikut kompetsisi sebanyak 45 orang terbagi dalam 15 Tim. “Peserta merupakan utusan dari SMA/Sederajat dari tiga kabupaten yaitu Kabupaten Kolaka, Kolut, dan Koltim. Kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan, jika sebelumnya hanya diikuti Kabupaten Kolaka maka pada kegiatan kali ini juga diikuti oleh kabupaten lain, seperti Kolut dan Koltim, “ungkapnya. ***

USN
©Copyright USN - 2017 Follow Universitas Sembilanbelas November : Facebook Twitter Linked Youtube